Entri Populer

pengertian dan epdiermologi GBS

Written By iqbal_editing on Kamis, 25 Agustus 2016 | 02.10

Guillain Barre Syndrome
Nama lain:
1. Acute idiopathic poly (radiculo)neuritis,
2. Acute inflammatory (demyelinating) polyneuropathy,
3. Infectious polyneuritis,
4. Landry-Guillain-Barre syndrome
5. French Polio
6. Landry’s ascending paralysis
7. Landry Guillain Barré syndrome.
Guillain-Barre syndrome (GBS) adalah suatu penyakit otoimun yang bersifat akut. Sebenarnya jarang ditemukan, dimana sel-sel sistim imun menyerang selubung myelin saraf tepi. Saraf tepi menghubungkan otak dan medulla spinalis dengan bagian tubuh lain. Kerusakan pada saraf tepi akan menimbulkan gangguan hantaran sinyal sebagai akibatnya otot akan berkurang kekuatannya, penyebab sebenarnya penyakit ini belum diketahui tetapi dapat dipicu oleh infeksi, operasi dan vaksinasi.
Gejala pertama biasanya adalah panas atau demam yang dapat tinggi atau sedang dan pada hari ketiga diikuti oleh kelemahan dan kesemutan (gringgingen) di kedua tungkai. Kemudian gejala ini akan memanjat keatas. Pada keadaan yang parah terjadi kelumpuhan total. Penyakit ini mengancam nyawa bila otot pernafasan diserang. Pada keadaan seperti ini diperlukan respirator. Keadaan yang parah akan berlangsung beberapa pekan, kemudian menjadi stabil dan membaik dengan perawatan yang baik pula. Ada pula perbaikan yang memakan waktu sangat lama hingga beberapa tahun. Pengobatan biasanya dilakukan dengan obat-obatan dan penggantian plasma (plasma exchange).
Penyakit ini termasuk kelompok penyakit neuropati perifer. Ada beberapa jenis GBS, tetapi bila tidak diberi keterangan lain maka yang dimaksud adalah GBS dalam bentuk umum.
Epidemiologi
Insidens 1 atau 2 orang per 100,000 penduduk.[6] Seringkali parah dan menunjukkan kelumpuhan memanjat mula-mula kaki dan tungkai kemudian lengan dan tangan juga terkena tidak terkecuali otot pernafasan dan wajah. Karena merupakan lesi saraf tepi makan refleks tendon akan menghilang. Dengan pengobatan yang segera dengan penggantian plasma maka diharapkan kesembuhan segera terjadi. Pemberian imunoglobulin menolong. Dan jangan dilupakan pengobatan penunjang seperti pemberian neurotropik vitamin. Sebagian besar pasen dapat pulih normal kembali. GBS juga menjadi penyebab kelumpuhan yang tidak disebabkan oleh cedera di dunia.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik