Entri Populer

petamekanime GBS

Written By iqbal_editing on Kamis, 25 Agustus 2016 | 02.12

Patomekanisme
Untuk memahami terjadinya GBS dapat diuraikan sebagai berikut:
Serabut saraf terdiri dari lembaran myelin yang membungkus akson. Akson sendiri adalah perpanjangan sel saraf yang menjulur sampai ke bagian tubuh yang akan di persarafi oleh saraf tersebut. Misalnya N. Ischiadicus mempunyai kelompokl sel saraf yang terletak di cornu anterior medula spinali segmen lumbal dan kumpulan aksonnya membentuk saraf N. Ischiadicus yang mempersarafi otot-oto tungkai (AA).
Otak adalah kumpulan sel-sel otak yang banyak sekali jumlahnya. Untuk dapat menggerakkan anggota tubuh seperti lengan dan tungkai maka dari otak sel otak tersebut akan menjulurkan bagian sel otak yang disebut akson. Akson akan terus berjalan sepanjang tubuh dan mencapai organ yang ditujunya (AA). Otak terdiri dari dua belahan yang disebut hemisfer. Hemisfer serebri sebelah kiri erat tugasnya dengan tugas menghitung dan bicara bahasa sedangkan hemisfer sebelah kanan erat tugasnya dengan seni dan ketrampilan ruang. Otak mempunyai banyak lekuk untuk menghemat ruang yang akan mampu menampung 200 milyar sel otak yang terdiri dari sel otak neuron dan sel glia (AA). • Lobus frontalis mengontrol fikiran, perencanaan, mengorganisasikan, menyelesaikan masalah, daya ingat jangka pendek dan gerakan.
• Lobus parietalis menginterpretasikan informasi sensorik, rasa, suhu, dan sentuhan.
• Lobus oksipitalis memproses bayangan yang masuk melalui mata dan menghubungkan dengan memori yang tersimpan.
• Lobus temporalis memproses informasi yang masuk melalui penghiduan/penciuman, rasa, dan suara. Juga berperan dalam daya ingat (AA).
Serebelum terletak dibawah otak belakang oksipital. Tugasnya menyelaraskan informasi sensor dari mata, telinga, dan otot untuk koordinasi gerak. Kerusakan menimbulkan intention tremor tubuh bergetar ketika akan mengambil sesuatu.
Batang Otak bertugas menghubungkan otak dengan medulla spinalis mengawasi fungsi kehidupan yang vital seperti detak jantung, nafas dan tekanan darah. Di daerah ini pula terletak kendali tidur dan kesadaran (AA). Struktur Dalam Otak
Berfungsi untuk emosi dan daya ingat/memori. Dikenal sebagai system limbic terdiri dari pasangan-pasangan, di kedua belah otak.
Thalamus bekerja sebagai pintu gerbang pesan yang masuk antara otak dan medulla spinalis
Hipothalamus mengontrol emosi dan mengatur suhu, makan dan tidur.
Hippocampus mengirimkan ingatan untuk disimpan di tempat yang disediakan di otak dan dapat di panggil kembali bila dibutuhkan (AA).
Sel Saraf
Sel Saraf memiliki dua tipe cabang yaitu neurite atau akson dan dendrite. Dendrit membawa impuls dari luar kea rah sel dan neurite membawa impuls dari sel kea rah luar. Sel saraf saling berhubungan dengan sesame sel saraf melalui dendrite tersebut sehingga tercipta komunikasi yang efeisien dan cepat sekali (AA).
Susunan Saraf tTepi
Saraf tepi adalah semua saraf di tubuh keluar dari otak dan medulla spinalis. Bekerja sebagai penghantar antara otak dan anggota tubuh. Misalnya tangan menyentuh setrika panas maka seketika tangan akan ditarik karena informasi panas dibawa ke otak dan otak memerintahkan untuk menarik tangan dari setrika. Ini hanya beberapa milidetik (AA).
Neurotransmitters
Neuron berhubungan dengan sel lain melalui impuls elektrik yang mendorong neurotransmitter lepas dari ujung sel saraf.
Neurotransmiter lepas ke sinaps suatu celah antara dua sel saraf dan menempel ke reseptor di sel penerima. Proses ini terjadi berulang antara neuron ke neuron. Semuanya ini memungkinkan terjadinya gerakan, pikiran, perasaan dan kemampuan untuk berkomunikasi (AA).
Pada GBS terjadi ganggu

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik