Entri Populer

gungsi hipotalamus

Written By iqbal_editing on Sabtu, 31 Desember 2016 | 21.58

Hipotalamus terletak di permukaan bawah otak. Itu terletak tepat di bawah thalamus dan di atas kelenjar pituitari, yang terpasang dengan tangkai. Ini merupakan bagian yang sangat kompleks dari otak mengandung banyak daerah dengan fungsi yang sangat khusus. Pada manusia, hipotalamus adalah sekitar ukuran kacang polong dan menyumbang kurang dari 1% dari berat otak.

Apa fungsi hipotalamus?

Salah satu fungsi utama dari hipotalamus adalah untuk mempertahankan homeostasis, yaitu, untuk menjaga tubuh manusia di sebuah kandang, kondisi konstan.
Hipotalamus merespon berbagai sinyal dari lingkungan internal dan eksternal termasuk suhu tubuh, rasa lapar, perasaan yang penuh setelah makan, tekanan darah dan kadar hormon dalam sirkulasi.
Hal ini juga merespon stres dan mengendalikan ritme tubuh kita sehari-hari seperti sekresi malam waktu melatonin dari kelenjar pineal dan perubahan kortisol (hormon stres) dan suhu tubuh selama 24 jam. Hipotalamus mengumpulkan dan menggabungkan informasi ini dan menempatkan perubahan di tempat untuk memperbaiki ketidakseimbangan.

Hormon apa menghasilkan hipotalamus?

Ada dua set sel-sel saraf di hipotalamus yang menghasilkan hormon. Satu set mengirimkan hormon yang mereka hasilkan turun melalui tangkai hipofisis ke lobus posterior kelenjar hipofisis di mana hormon ini dilepaskan langsung ke aliran darah.
Hormon-hormon ini adalah hormon anti-diuretik dan oksitosin. Hormon anti-diuretik menyebabkan reabsorpsi air pada ginjal dan oksitosin merangsang kontraksi rahim saat melahirkan dan penting dalam menyusui.
Set lain sel saraf menghasilkan merangsang dan menghambat hormon yang mencapai lobus anterior dari kelenjar pituitari melalui jaringan pembuluh darah yang berjalan ke bawah melalui tangkai hipofisis.
Ini mengatur produksi hormon yang mengontrol gonad, kelenjar tiroid dan adrenal korteks, serta produksi hormon pertumbuhan, yang mengatur pertumbuhan, dan prolaktin, yang penting untuk produksi susu.
Hormon-hormon yang diproduksi di hipotalamus yang corticotrophin-releasing hormon, dopamin, hormon pertumbuhan-releasing hormone, somatostatin, gonadotropin-releasing hormone dan thyrotrophin-releasing hormon.

Apa yang bisa salah dengan hipotalamus saya?

Fungsi hipotalamus dapat dipengaruhi oleh trauma kepala, tumor otak, infeksi, pembedahan, radiasi dan kekurangan gizi. Hal ini dapat menyebabkan gangguan keseimbangan energi dan termoregulasi, irama tubuh tidak teratur, (insomnia) dan gejala defisiensi hipofisis akibat hilangnya kontrol hipotalamus.
Kekurangan hipofisis (hipopituitarisme) akhirnya menyebabkan kekurangan hormon yang dihasilkan oleh gonad, korteks adrenal dan kelenjar tiroid, serta hilangnya hormon pertumbuhan.
Apa Fungsi Hipotalamus?
Apa Fungsi Hipotalamus?
Kurangnya produksi hormon anti-diuretik oleh hipotalamus menyebabkan diabetes insipidus. Dalam kondisi ini ginjal tidak dapat menyerap air, yang menyebabkan produksi berlebihan encer urin dan jumlah yang sangat besar minum.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik