Entri Populer

HAL-HAL YANG DIPERHATIKAN KETIKA MEMBACA DONGENG KEPADA ANAK

Written By iqbal_editing on Rabu, 12 April 2017 | 04.12

Mendongeng bisa jadi salah satu cara mengajarkan sesuatu ke anak. Namun, pastikan agar nilai yang hendak disampaikan ke anak melalui dongeng tersebut bisa sampai ke anak ya.

Misalnya dongeng yang disampaikan Duo Musical Storytelling Sarang Cerita yang digawangi Essenza Quranique Bachreisy atau Eca dan Kanya Cittasara di PAUD Tunas Melati, Cipayung, Jakarta Timur hari ini. Dongeng bercerita soal Tomi atau Tomat Mini yang bingung dirinya buah atau sayur. Kemudian tentang Milen si peri yang bermain dengan teman-temannya.

"Kita angkat cerita soal Tomi tomat mini supaya anak kenal sayur dgn cara menyenangkan. Kemudian anak tahu khasiat dan diharapkan mereka akan tergugah untuk makan sayur. Terus cerita tentang Milen si peri untuk mengajak anak bersosialisasi dan bergaul dengan teman-temannya," kata Eca, Rabu (12/4/2017).

Eca mengingatkan, supaya makna atau nilai dalam dongeng tersebut sampai kepada anak. Pesan harus jelas disampaikan, tapi tanpa menggurui. Pesan yang jelas, kata Eca bisa didapat anak ketika jalan cerita dongeng tidak bercabang.

Video: Mendongeng Itu Banyak Manfaatnya

"Jadi kita fokus. Nggak ada dua fokus dalam satu cerita misalnya soal si Tomi tomat mini terus ada lagi soal persahabatannya," kata Eca.

"Biasanya kita lakukan repetisi, jadi kita tekankan terus menerus lewat dialog atau lewat lagu yang kita nyanyikan sehingga maknanya akan nempel," timpal personel Sarang Cerita lainnya, Kanya.


Agar Makna Dongeng Sampai ke Anak, Jangan Lakukan Hal Ini YaFoto: Radian


Dalam Story Telling yang digelar detikHealth dan Sarang Cerita di PAUD Tunas Melati Cipayung kali ini, ada 3 cerita yang disajikan untuk adik-adik PAUD Tunas Melati yaitu Tomi si tomat mini, Milen si peri, Kuku si anak kucing kemudian Ikan hiu Dan keluarganya.

Beberapa anak yang berani bernyanyi dan mengikuti tarian shark dance yang dipandu Kak Echa dan Kak Kanya, mendapat bingkisan dari detikHealth. Nah, bagi sekolah di daerah Jakarta yang ingin dikunjungi detikHealth dan Sarang Cerita untuk mendengarkan dongeng, silakan kiriman email ke redaksi@detikhealth.com

Agar Makna Dongeng Sampai ke Anak, Jangan Lakukan Hal Ini YaFoto: Radian

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik