Entri Populer

Perbaiki Penanganan Stroke di Indonesia, 'Angels Initiative' Diluncurkan

Written By iqbal_editing on Sabtu, 22 April 2017 | 01.59

, Guna meningkatkan sistem perbaiki penanganan stroke di Indonesia, program 'Angel's Initiative' hari ini diluncurkan. Diharapkan, ke depannya penanganan stroke akan menjadi lebih baik.

Menurut data WHO, 15 juta orang di dunia terkena stroke setiap tahunnya. Di tahun 2014, prevalensi nasional bahkan mencapai 3.049.200 pasien, dengan tren yang terus meningkat.

Sayangnya, sampai saat ini belum terdapat standar prosedur trombolisis untuk stroke iskemik akut. Hal ini pun dianggap menjadi tantangan besar bagi praktisi dalam menangani pasien stroke.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI), Prof Moh. Hasan Machfoed, MD, MSc, PhD dalam temu media peluncuran program Angels Initiative di Hotel Shangri-La Jakarta, Sabtu (22/4/2017).

"Pada tahun 2012 sampai 2014 terdapat registri penyakit Indonesia untuk pasien stroke yang melibatkan 18 rumah sakit. Dari 18 RS tersebut terdapat 5.411 pasien stroke, di mana 67 persen di antaranya adalah stroke iskemik. Dari seluruh pasien stroke iskemik tersebut, hanya 3,7 persen yang mendapatkan penanganan trombolisis," tutur Prof Hasan.


Program Angels Initiative yang dilakukan atas kerja sama antara PERDOSSI dan Boehringer Ingelheim Indonesia, serta didukung oleh World Stroke Organization dan European Stroke Organization, diterapkan dengan memberikan pelatihan dan protokol penanganan stroke sebagai dasar bagi praktisi kesehatan.

"Hari ini terdapat 34 perwakilan rumah sakit seluruh Jabodetabek, Medan, Surabaya, Bandung dan Banda Aceh. Tahun ini diharapkan 60 rumah sakit di Indonesia siap menangani pasien stroke melalui protokol tatalaksana stroke," ujar Jorge Wagner, Presiden Direktur Boehringer Ingelheim Indonesia.

Dalam program ini, permasalahan penanganan stroke tiap rumah sakit akan dikaji, serta dibuat protokol yang sesuai. Pemberian pelatihan dan edukasi terkait protokol tersebut juga akan dilakukan guna menyamaratakan kemampuan praktisi medis. Dengan begitu, penanganan pasien stroke di rumah sakit bisa optimal.

Stroke iskemik merupakan sumbatan aliran darah dalam otak, di mana seringkali berakhir menjadi lumpuh permanen dan kematian. Penanganan stroke akut bertujuan untuk secepatnya mengalirkan pasokan darah ke area otak yang terdampak stroke.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik