Entri Populer

Teknik Bersalin Water Birth Bikin Bayi Infeksi Paru? Ini Kata Dokter

Written By iqbal_editing on Jumat, 09 Juni 2017 | 02.16

Salah satu teknik bersalin yang tengah populer saat ini adalah water birth, terutama di Amerika Serikat. Disebut-sebut teknik ini memiliki efek samping, di antaranya infeksi paru pada bayi.

Seperti terjadi pada dua orang bayi di Arizona, yang dikabarkan didiagnosis Legionnaires' disease, sejenis infeksi bakteri di paru-paru. Ilmuwan mengaitkannya dengan teknik water birth yang dipakai dalam persalinan kedua bayi tersebut.

Diduga kuat tidak terjaminnya kebersihan air yang digunakan merupakan salah satu penyebab infeksi pada teknik persalinan water birth. Bakteri Legionella bisa hidup di air dan memicu infeksi pernapasan.

Beberapa waktu lalu, Ketua Indonesian Water Birth Association, dr I Nyoman Hariyasa Sanjaya, SpOG(KFM), MARS, menjelaskan pada detikHealth bahwa infeksi dan risiko tenggelam memang paling sering disebut-sebut sebagai 'efek samping' dari water birth. Namun ia menjelaskan bahwa nyatanya tak selalu demikian.

dr Hariyasa juga menjelaskan bahwa pada dasarnya pada water birth air tidak harus steril. Yang penting suhunya cukup hangat (35-37 derajat Celcius), tidak berwarna, tidak berbau dan jernih.

"Kalau ada yang bilang airnya harus steril ya keliru, jalan lahir saja tidak steril dan banyak flora normalnya. Bayi tidak akan infeksi selama ia tidak menghirup air. Kuncinya adalah dengan memerhatikan denyut jantung bayi yang dijelaskan sebelumnya," imbuh dr Hariyasa.

Meski tak harus steril, kebersihan air yang digunakan untuk ibu berendam tetap perlu diperhatikan. Pantau suhu dan ganti air secara berkala agar tetap hangat. "Air itu justru sifatnya juga bisa 'membilas' bayi yang terpapar bakteri dari vagina," tuturnya.


Water birth sempat populer di Indonesia setelah penyanyi Andien menerapkan teknik ini saat melahirkan anak pertamanya, Anaku Askara Biru, beberapa waktu lalu. Teknik ini diklaim bisa memberikan efek rileks bagi ibu selama proses persalinan.

Namun demikian, American College of Obstetricians dan Gynecologists (ACOG) menyebutkan tetap ada berbagai risiko yang bisa terjadi. Jika dilakukan tanpa persiapan matang dan bukan oleh orang yang berpengalaman, teknik water birth diyakini justru bisa mendatangkan berbagai risiko, salah satunya infeksi pada ibu maupun bayi yang baru dilahirkan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik