Entri Populer

Gemuk Tapi Tetap Sehat, Mungkinkah? Yuk Dengar Komentar Dokter Gizi

Written By iqbal_editing on Selasa, 18 Juli 2017 | 21.40

Memiliki badan gemuk tentu berkaitan erat dengan berbagai macam penyakit. Walaupun begitu, masih ada istilah 'gemuk tapi sehat'.

Menanggapi hal ini, Dr dr Samuel Oetoro, MS, SpGK(K) mengatakan biasanya seorang obesitas yang disebut sehat hanya berdasarkan hasil pemeriksaan umum. Misalnya pemeriksaan kolesterol atau gula darah.

"Ada orang obesitas semuanya (pemeriksaannya) normal. Tapi mereka nggak periksa lebih dalam seperti mediator inflamasi," ucap dr Samuel dalam acara peluncuran Herbilogy di Almond Zucchini, Jalan Prapanca, Jakarta Selatan, Selasa (18/7/2017).

Baca juga:

Lebih lanjut, dr Samuel mengatakan pemeriksaan mediator inflamasi berguna untuk melihat inflamasi terjadi pada pembuluh darah di dalam tubuh. Sebab pada seseorang yang mengalami obesitas munculnya gejala kerusakan tidak terlihat begitu cepat.

"Kerusakan sendiri itu karena sel lemak yang jumlahnya besar melepas zat yang dapat merusak pembuluh darah," kata dokter kelahiran tahun 1958 ini.

Oleh karena itu ia mengatakan istilah 'gemuk tapi sehat' biasanya terjadi karena seseorang hanya melakukan pemeriksaan dasar. "Jadi orang nyebutnya healthy obesitas," pungkas dokter Samuel.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik